Kebakaran Rumah di Depok Menewaskan Pasangan Suami-Istri Akibat Kegagalan Pompa Air


Kebakaran Rumah di Depok Menewaskan Pasangan Suami-Istri Akibat Kegagalan Pompa Air

Depok - Tragedi kebakaran terjadi di daerah Sukmajaya, Depok, Jawa Barat, yang mengakibatkan pasangan suami-istri (pasutri) dengan inisial HP (26) dan AS (25) kehilangan nyawa. Kebakaran ini diduga berasal dari kegagalan instalasi listrik pada pompa air yang digunakan di rumah korban.

Pemadam Kebakaran (Damkar) Depok mengungkapkan bahwa penyebab kebakaran tersebut adalah kegagalan instalasi listrik pada pompa air. "Penyebabnya adalah kegagalan instalasi listrik pada pompa air," kata Kasi Penyelamatan Damkar Kota Depok, Tesy Haryati, saat memberikan keterangan pada Jumat (25/8/2023).

Hasil investigasi yang dilakukan oleh pihak Damkar menunjukkan bahwa mesin pompa air di rumah korban tidak lagi berfungsi. Tesy menjelaskan bahwa keluarga korban juga mengakui bahwa pompa air tersebut telah mengalami masalah sebelumnya.

"Dalam investigasi pagi ini, kami menemukan mesin pompa air di bawah tangga yang sama dengan keluarga korban. Keterangan dari keluarga juga menyebutkan bahwa mesin pompa air tersebut sudah mengalami masalah sebelumnya. Ketika mesin pompa air dihidupkan dan tidak berfungsi, ini menandakan bahwa mesin tersebut memang sudah mengalami kerusakan," ungkapnya.

Tesy juga mengungkapkan bahwa titik awal kebakaran berasal dari pompa air. Titik api pertama kali muncul di dapur dan kemudian menjalar ke lantai atas yang terbuat dari bahan semi permanen berbahan kayu.

Meskipun demikian, Tesy meyakini bahwa pemicu api berasal dari bagian belakang rumah di mana pompa air tersebut berada. Meskipun di dekatnya terdapat dua kamar mandi, ruangan di sebelah dapur tidak terkena dampak api. Hal ini menunjukkan bahwa arah api berasal dari bagian belakang rumah dan kemudian naik ke lantai atas. Bangunan semi permanen dengan atap dari kayu menjadi yang paling terdampak, dengan sekitar 60-70 persen dari bangunan tersebut terbuat dari kayu.

Sebelumnya, pada pukul 23.00 WIB kemarin, kebakaran yang terjadi di rumah pasutri HP dan AS ini menyebabkan keduanya ditemukan tewas dalam posisi berpelukan di dekat tangga. Tetangga korban, Azis, menyatakan bahwa ia melihat pasutri tersebut berada dalam posisi tersebut saat menemukan mereka.

Kebakaran ini mengguncang warga sekitar dan mengingatkan pentingnya keselamatan dalam instalasi listrik dan penggunaan peralatan rumah tangga. Tragedi ini juga menjadi pengingat bahwa kerusakan pompa air dapat berdampak fatal, serta perlunya tindakan pencegahan dan perawatan yang tepat terhadap instalasi listrik dan peralatan rumah tangga.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kebakaran Rumah di Depok Menewaskan Pasangan Suami-Istri Akibat Kegagalan Pompa Air"

Post a Comment