HP Sultan Menguasai Daftar 10 HP Terlaris di Dunia

Iphone 14

 Perusahaan riset Omdia baru-baru ini merilis daftar 10 ponsel pintar (HP) yang paling banyak dikapalkan selama paruh pertama tahun 2023. Yang menarik, daftar ini hanya didominasi oleh dua merek saja.

Dalam laporan yang berjudul "Smartphone Model Market Tracker - 2Q23", Omdia mengungkapkan bahwa iPhone 14 Pro Max menjadi ponsel terlaris di dunia sepanjang periode Januari hingga Juni 2023. Apple berhasil mengapalkan sebanyak 26,5 juta unit iPhone 14 Pro Max selama rentang waktu tersebut.

Posisi kedua dan ketiga juga diisi oleh ponsel dari lini iPhone 14. Di peringkat kedua, ada iPhone 14 Pro dengan jumlah pengapalan sebanyak 21 juta unit, sedangkan di peringkat ketiga terdapat iPhone 14 dengan jumlah pengapalan sekitar 16,5 juta unit.

Tahun lalu, iPhone 13 menduduki posisi teratas sebagai ponsel paling laris di seluruh dunia. Hal ini mengindikasikan bahwa konsumen masih lebih tertarik untuk membeli produk flagship dengan varian entry level, bukan yang paling mahal.

Namun, situasinya berbeda pada tahun ini dimana dominasi ditempati oleh iPhone 14 Pro Max, varian ponsel paling mahal. Omdia melihat hal ini sebagai pergeseran tren di mana pasar ponsel premium terus mengalami perkembangan dan permintaan terhadap iPhone tetap kuat, sementara pasar ponsel kelas menengah hingga rendah justru menurun.

Daftar ponsel terlaris di dunia selama periode ini terbagi rata antara merek Apple dan Samsung. Selain seri iPhone 14, terdapat iPhone 13 yang menempati posisi keempat dan iPhone 11 pada posisi kesepuluh.

Sementara itu, posisi Samsung dalam daftar ini dipegang oleh Galaxy A14 yang menduduki peringkat kelima dengan jumlah pengapalan sekitar 12,4 juta unit. Di peringkat keenam terdapat Galaxy S23 Ultra, ponsel tradisional termahal Samsung, dengan jumlah pengapalan sebanyak 9,6 juta unit.

Sayangnya, pada tahun ini tidak ada ponsel dari vendor asal China yang berhasil masuk dalam daftar ini. Berbeda dengan tahun sebelumnya dimana dua ponsel dari Xiaomi berhasil masuk dalam daftar 10 besar. Omdia menjelaskan bahwa hal ini terjadi karena penurunan pengapalan ponsel dari vendor asal China sejak tahun 2022, terutama pada pasar kelas menengah hingga rendah.

Menurut Senior Research Manager Omdia, Jusy Hong, pasar ponsel kelas menengah hingga rendah yang lemah diperkirakan masih akan berlanjut hingga paruh kedua tahun ini. Sementara itu, pasar ponsel premium diprediksi akan berkembang dengan peluncuran seri iPhone 15.

"Hal ini mengakibatkan pengiriman ponsel berbasis Android yang memiliki andil besar pada ponsel dengan harga menengah hingga rendah kemungkinan akan kembali mengalami pertumbuhan negatif tahun ini," ujar Hong, seperti yang dikutip dari keterangan resmi Omdia pada Selasa (29/8/2023).

"Ironisnya, pengiriman Apple untuk model Pro dan Pro Max diperkirakan akan meningkat karena permintaan yang kuat terhadap model premium. Namun secara keseluruhan, pengiriman iPhone tahun ini diperkirakan akan tetap sama dengan tahun lalu atau sedikit menurun akibat permintaan yang lemah terhadap model standar dan Plus," tambahnya.

Berikut ini adalah daftar 10 HP terlaris di dunia selama periode Januari hingga Juni 2023 versi Omdia:

1. iPhone 14 Pro Max: 26,5 juta unit

2. iPhone 14 Pro: 21 juta unit

3. iPhone 14: 16,5 juta unit

4. iPhone 13: 15,5 juta unit

5. Samsung Galaxy A14: 12,4 juta unit

6. Samsung Galaxy S23 Ultra: 9,6 juta unit

7. Samsung Galaxy A14 5G: 9 juta unit

8. Samsung Galaxy A54 5G: 8,8 juta unit

9. Samsung Galaxy A34 5G: 7,1 juta unit

10. iPhone 11: 6,9 juta unit

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "HP Sultan Menguasai Daftar 10 HP Terlaris di Dunia"

Post a Comment